Validasi Jtextfield Java - Input Angka


Postingan tentang validasi textbox / textfield masi ane bahas buat saat ini, bentuk validasi angka maupun huruf, kalo kmaren udah ane kasi validasi textbox c# kali ini dengan java.. dan besok2 ane posting validasi textfield di php.. biar lengkap gan :D ... kenapa menggunakan validasi textbox ? ente bisa baca alasannya pada postingan sebelumnya... seperti yang ane bilang ane mau bahas validasi input angka dan huruf tapi kali ini tentang angka dulu ya ?? hehee soalnya kalo di barengin disini selain gak efisien buat search engine juga kalo dipisah di postingan lain kan bisa tambah preview blog ksayangan ane ini :p ...ya namanya saja pengen pengunjung jadi banyak gan... biar terkenal gitu... wkwkwkwk
sebenarnya validasi textfield ini udah ane coba kmaren pada tugas kuliah Client/Server, dan kali ini ane pengen ngeshare mungkin diantara pengunjung blog dan adek angkatan ane ada yang nyari dan kesasar di blog ini :D ... Oke gan biar gak panjang lebar ini langsung ane kasi kode untuk menvalidasi textfield agar input nya hanya menerima angka ...
textField.setDocument(new PlainDocument(){
   private static final long serialVersionUID = 1L;
   @Override
   public void insertString(int offs, String str, AttributeSet a)
     throws BadLocationException {
    if(str.matches("[0-9]*")){
     super.insertString(offs, str, a);
    }else{
     // 
    }
   }
  });  
cuma gitu doank ?? ya emang gitu... mau gmn lagi ?? :D ... ini sebenarnya kita mengoverride settingan dari textfield yang disediakan oleh java... tau kan apa itu override ?? kalo gak tau silahkan baca dipostingan sebelumnya yang membahas tentang OOP JAVA, C# dan C++ ... ente bisa lihat pada kode validasi textfile diatas kan ada tu method insertString yang dioverride... terus kita setting inputnya.. gitu... :D gmpang kan ?? gak usah dibikin susah... oia ente bisa sesuaikan dengan nama textfield ente.. biasasnya kalo di Netbeans kan nama textfieldnya berurutan kayak "jtextfield1" kalo disini kan nama textfield nya ya textfield jadinya untuk setting nya ya textfield.setDocument....
Oke sekian dulu ya gan... untuk selanjutnya validasi Textfield java input Huruf... :D

0 Response to "Validasi Jtextfield Java - Input Angka"

Posting Komentar